Rabu, 24 Oktober 2018

10 MANFAAT BAWANG IRENG / BAWANG HITAM BAGI KESEHATAN TUBUH !!


Berikut 10 manfaat mengonsumsi Bawang ireng / Bawang hitam. yg harus kalian ketahui..



1. Sebagai Pencegah Dan Penangkal Penyakit Kanker

Menurut penelitian ada suatu senyawa yang terkandung dalam bawang hitam. Yaitu bernama sulfide alil. sulfide alil adalah senyawa organsulful yang terdapat pada bawang putih.

Dalam beberapa riset ilmiah, sulfide alil adalah komponen utama yang mampu mengatasi penyakit kanker. Pengaruh senyawa ini terhadap pertumbuhan sel kanker jauh lebih kuat dibandingkan sel normal.

Sehingga bila diaplikasikan sesuai dosis maka akan mengaktifkan enzim dan memperhambat serta bahkan menghancurkan sel kanker.

2. Menurunkan Kadar Tekanang Darah Tinggi

Telah banyak riset yang membuktikan fungsi dari bawang putih begitu juga dengan bawang hitam. Kedua jenis obat herbal ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi seseorang. Menurut sumber WebMD menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi bawang hitam secara rutin mampu menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%.

3. Obat Herbal Yang Kaya Nutrisi Namun Rendah Kalori

Seseorang membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menunjang pertumbuhan hidup. Salah satu obat herbal yang memiliki sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu bawang hitam.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya yaitu zat besi, kalsium dan vitamin C. Letiga nutrisi ini sangat bermanfaat bagi perkembangan tubuh. Namun uniknya, ketiga senyawa ini tidak memiliki lemak jenih dan rendah kalori sehingga tidak membahayakan tubuh.

Dengan begitu secara otomatis bisa menjadikan tubuh tetap fit, sehat dan bugar serta bebas dari serangan penyakit.

4. Mengandung Senyawa Antioksidan

Dalam bawang putih hitam, S-allylcysteine membantu penyerapan allicin sehingga metabolisme perlindungan terhadap infeksi bakteri menjadi lebih mudah

nilai TEAC antioksidan bawang putih dan black garlic adalah 13,3 ± 0,5 dan 59,2 ± 0,8 μmol / g basah. Black garlic mempunyai aktivitas antioksidan lebih kuat dari bawang putih sehingga bisa digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes.

Black garlic memiliki sifat antibakteri lebih kuat, serta antioksidan 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa karenamengandung S-allycysteine (Anonim, 2013). Hasil penelitin Bae (2014), semakin lama waktu fermentasi black garlic maka kandungan Sallycysteine (SAC) semakin meningkat.

Dengan adanya senyawa antibakteri yang lebih tinggi dari bawang putih diharapkan dapat lebih efektif untuk mengatasi prokariotik patogenik penyebab penyakit.

5. Memangkas Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Kolesterol merupakan awal dari penyakit jantung. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mengkonsumsi bawanghitam yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Cara kerja yaitu obat ini akan memangkas LDL yang mengendap dalam tubuh dan dibuang melalui tinja. Namun tidak bekerja pada HDL sehingga tubuh akan tetap sehat.

Dengan konsumsi bawang hitam maka secara tidak langsung akan meningkatkan produksi insulin. Dimana fungsi insulin ini ialah dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

6. Obat Awet Muda Dan Memanjang Umur

Memang namanya umur adalah rahasia Allah. Akan tetapi tidak ada salahnya bagi manusia untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Terlebih jika membantu dapat memanjangkan umur dan tetap awet muda.

Salah satu obat herbal tersebut ialah bawang hitam. Dengan konsumsi bawang hitam maka secara tidak langsung akan mengganti sel yang rusak dan terhindar serangan jantung dan kanker. Bila kita bisa mencegah penyakit-penyakit ini maka bisa jadi badan tetap sehat dan panjang umur.

7. Mencegah Timbul Penyakit Demensia Dan Alzheimer

Penyakit Demensia dan Alzheimer adalah jenis penyakit kerusakan saraf yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga berperan dalam proses penuaan dini.

Muncul pertanyaan mengapa bawang hitam sampai mampu mencegah penyakit ini? Hal ini didasarkan bahwa zat antioksidan yang terkandung pada bawang hitam mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Jadi bawang hitam akan bekerja menguramgi stres oksidatif pada seorang penderita tekanan darah tinggi.

Sehingga dengan manfaat yang dimilikinya ini dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit alzheimer dan demensia.

8. Efektif Dalam Menjaga Kesehatan Kulit Dan Wajah

Ada sejumlah manfaat lain yang dapat dirasakn bagi orang yang rutin konsumsi bawang hitam diantaranya yaitu:

Efektif membersihkan komedo pada bagian hidung. Munculnya komedo disekitaran wajah sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi ini maka bisa haluskan bawang hitam kemudian oleskan pada sekitaran hidung maupun pipi. Dan tunggu beberapa saat dan terakhir bilas dengan air bersih.

Kedua yaitu mampu menghilangkan noda bekas luka. Adanya bekas luka pada kulit seseorang bisa mempengaruhi penampilan. Untuk mengatasi ini maka bisa manfaatkan bawang hitam yang memberikan sifat anti radang dan membersihkan sisa luka yang menempel pada kulit. Cukup dioleskan saja baru kemudian bila dengan air bersih.

Dan terkahir yang membersihkan jerawat. Satu siung bawang hitam yang telah dihaluskan dapat mengempeskan jerawat. Apabila olesan bawang hitam didiamkan pada wajah selama tidur maka keesokan harinya jerawat akan mengempis lebih kecil. Cukup lakukan cara ini setiap hari saat ada jerawat pada wajahnya.

9. Mengurangi Obesitas

Ada suatu senyawa yang terkandung pada bawang hitam berfungsi untuk menguragi berat badan. Senyawa tersebut ialah anti inflamasi. Anti inflamasi ini berfungsi untuk mengatur sel lemak yang mengendap dalam tubuh.

Obesitas adalah penumbukan lemak yang tidak tercerna di dalam tubuh. Dengan ada zat vinyldithin mampu membantu proses infalami sehingga cukup baik untuk mencegah kenaikan berat badan.

10. Obat Sakit Gigi

Sakit gigi yang diderita manusia pada umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dalam mulut. Bagi sebagian orang sakit gigi adalah penyakit yang sangat menganggu sekali dalam aktifatas. Sehingga ada istilah lebih baik sakit hati dibanding sakit gigi.

Untuk mencegah hal ini maka bisa konsumsi bawang hitam yang memiliki anti virus dan anti bakteri sehingga mampu membasmi menghilangkan bakteri yang berada dalam mulut. Selain dari pada itu ada senyawa analgesik yang sangat berperan penting untuk mengatasi sakit gigi.

0 komentar:

Posting Komentar