Kamis, 25 Oktober 2018

SERANGAN JANTUNG

definisi Penyakit Serangan Jantung :

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Ini adalah kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur lainnya. Gangguan aliran darah ke jantung tersebut bisa merusak atau menghancurkan otot jantung dan bisa berakibat fatal. Dalam dunia medis, serangan jantung disebut juga sebagai infark miokard.

Berikut ini adalah gejala yang mungkin muncul pada penderita serangan jantung.

Sesak napas.
Sakit atau nyeri di bagian dada.
Merasa lemah dan pusing.
Sangat gelisah atau cemas.

Penyebab Terjadinya Serangan Jantung

Penyebab utama terjadinya serangan jantung adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung (pembuluh koroner). Sumbatan ini disebabkan oleh timbunan kolesterol berupa plak yang menempel di dinding pembuluh darah.

Plak yang retak akan mengakibatkan terjadinya penggumpalan darah. Akhirnya, penggumpalan darah ini akan menghambat pasokan darah dan oksigen ke jantung melalui pembuluh koroner. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya serangan jantung. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, antara lain:

Merokok.
Diabetes.
Kolesterol tinggi.
Tekanan darah tinggi.
Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak.
Berat badan berlebih atau obesitas.

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA :

PENGOBATAN HERBAL ALAMI, BAGI PENDERITA PENYAKIT SERANGAN JANTUNG

0 komentar:

Posting Komentar