Rabu, 24 Oktober 2018

SEJARAH BAWANG IRENG / BAWANG HITAM ( BALCK GARLIC)



Kali ini mari kita belajar, bagaimana sih sejarah dr bawang hitam, dan darimanakah, bawang hitam itu pertama kali ada ?


Sejarah tentang bawang hitam atau black garlic berawal di Korea yang pada saat itu dikenalkan sebagai makanan kesehatan seperti halnya ginseng. Bawang hitam dikenal sebagai makanan kaya zat antioxidan yang pada saat itu ditambahkan pada ramuan minuman yang bermanfaat untuk membangkitkan energi ataupun stamina.

Di Thailand, bawang hitam atau bawang putih hitam dipercaya sebagai makanan yang berkhasiat untuk umur panjang. Di Amerika Serikat, masyarakat disana mulai mengenal bawang hitam pada awal 2008 ketika Le Sanctuaire di San Francisco menjual bawang hitam. Ditulis dalam “Desain Hidup” 2008 Spring bagian khusus dari The New York Times sebagai “pokok baru” masakan modern.

setelah itu mulai dikenal dalam beberapa resep makanan seperti Bawang Putih Ayam Panggang Hitam. Bawang Putih Hitam digunakan oleh koki Bruce Hill dari BIX Restaurant di San Francisco. Pada saat pengusaha Scott Kim pada tahun 2005 mulai mengimpor bawang putih dari pulau Jeju Korea untuk selanjutnya di proses di Perusahaannya di Amerika.

Perusahaan Scott Kim mulai memproduksi bawang hitam pada tahun 2008 di Hayward, California. teknologi yang digunakan yaitu memfermentasi bawang putih pada suhu rendah. Popularitas Bawang putih di America terbilang “sensasional” dan masuk dalam daftar 5 bahan makanan teratas di restoran restoran bintang lima. Setelah beberapa kali dikenalkan pada reality show stasiun TV di Amerika Serikat, ketenaran bawang hitampun merambah benua Eropa seperti di Iggris. Oliveria mengenalkan bawang hitam di Australia melalui sebuah toko di Melbourne. Akhirnya pada akhir 2011 bawang hitam atau bawang putih hitam bisa ditemui di pasar – pasar di negara – negara maju.

0 komentar:

Posting Komentar