Kamis, 25 Oktober 2018

MACAM2 PENYAKIT PADA PARU-PARU

Berikut, macam2 penyakit yg terdapat pada Paru-Paru..

ASMA
Salah satu macam penyakit paru-paru yang cukup populer adalah Asma. Penyakit yang satu ini akan terjadi karena radang paru-paru yang dapat menimbulkan rasa sesak nafas bagi para pengidapnya. Biasanya serangan sesak nafas ditandai dengan pernafasan yang mengeluarkan suara secara berulang-ulang. Asma sendiri memiliki beberapa tingkatan mulai dari tingkat rendah sampai dengan asma yang berada pada tingkat tertinggi.

PNEUMONIA
Pneumonia atau yang biasa disebut juga dengan penyakit radang paru-paru, penyakit ini termasuk  dalam kategori yang cukup berbahaya, karena tidak hanya menular, tetapi bila tidak segera diobati bisa menyebabkan kematian. Penyakit pneumonia bisa menyerang kaum dewasa maupun anak-anak.

Penyakit pneumonia merupakan salah satu penyakit paru-paru basah yang disebabkan oleh adanya peradangan di salah satu atau pada kedua bagian paru-paru. Penyebab utama infeksi bakteri, sering kali dari jenis streptococcus pneumoniae. Gejala utama yang bisa dialami adalah demam tinggi, batuk dahak berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

LEGIONNARIES
Penyakit legionnaries disebabkan oleh bakteri bernama legionella pneumophilia yang sering ditemukan pada sebagian sumber air, khususnya pada saluran pipa ledeng dan dimanapun lokasinya yang ada air yang menggenang. Pertumbuhan bakteri tersebut cukup cepat dan bisa berkembangbiak di dalam air. Kebanyakan bakteri ini muncul saat musim hujan. Gejala legionnaries mirip pneumonia atau radang paru-paru khususnya gangguan saluran napas. Namun, legionnaries juga bisa mengalami diare, nyeri perut, atau ikterus.

PNEUMOTORAKS
Macam penyakit paru-paru lainnya, yakni pneumotoraks yang ada pada selaput paru atau yang disebut pleura. Penyakit ini disebabkan karena satu atau kedua membran pleura tertembus dan udara masuk ke dalam rongga pleura sehingga menyebabkan paru-paru mengempis. Penyebab lain dari pneumotoraks adalah patah tulang rusuk dan luka dada. Biasanya, gejala yang terjadi yakni dada sesak, nyeri, dan sesak napas.

TUBERKULOSIS
Penyakit paru-paru yang terakhir adalah Tuberkulosis. Penyakit ini termasuk yang cukup banyak diidap oleh masyarakat, termasuk bisa menyerang anak-anak yang memiliki sistem imun yang belum stabil. Gejala pada penyakit ini, yakni demam dan batuk terus-menerus, nafsu makan menurun, dan tubuh yang melemah.

0 komentar:

Posting Komentar